2019, KemenPANRB Kedepankan Inovasi Pelayanan Publik

Mulai tahun 2019 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengedepankan transfer pengetahuan atau replikasi inovasi pelayanan publik. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan replikasi sebagai bagian dari RPJMN 2020-2024. Diah berharap di tahun 2024 dapat mewujudkan pelayanan publik kelas dunia melalui percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan menggunakan sarana inovasi pelayanan publik. Inovasi pelayanan publik saat ini masih merupakan sarana yang digunakan oleh negara-negara di dunia dalam perbaikan pelayanan secara berkelanjutan.

Berbagai institusi internasional seperti UNDESA (United Nations Department of Economic and Social Affairs), salah satu divisi PBB, secara rutin mengadakan forum tahunan sejak tahun 2003 bagi para stakeholders pelayanan publik sebagai sarana berbagi pengalaman dan pembelajaran dalam pemberian pelayanan publik dan secara serius menghargai para pelayan publik yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi perbaikan pelayanan publik melalui United Nations Public Service Awards (UNPSA). Selain itu juga terdapat OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) yang sangat fokus pada pengembangan inovasi pelayanan publik melalui Observatory of Public Sector Innovation (OPSI) yang khusus melakukan kajian, seminar, workshop, menyusun annual report mengenai inovasi pelayanan publik dan bahkan juga mengadakan kompetisi semacam UNPSA, bekerja sama dengan Pemerintah Uni Emirat Arab, yaitu Call for Innovations.

"Melihat perkembangan yang nyata ini, kita tidak boleh tinggal diam," kata dia saat membuka Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2018 di Surabaya, Selasa (18/9). Diah menilai pentingnya Forum Replikasi dilaksanakan, sebagai salah satu media untuk saling belajar dan mendapatkan inspirasi dari praktik-praktik pelayanan publik yang sudah diakui kemanfaatannya.

Dalam Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 di Surabaya, beberapa inovator dan kepala daerah akan menggali dan membagikan pembelajaran mengenai inovasi pelayanan publik yang telah diimplementasikan di daerahnya masing-masing.

  • 19-09-2018 15:45 pm

  • Oleh Admin

  • Dibaca 125 Kali


Komentari

Nama
Email
Komentar