KABUPATEN MUARA ENIM KEMBALI MERAIH TOP 99 INOVASI TINGKAT NASIONAL 2018

KABUPATEN MUARA ENIM KEMBALI MERAIH TOP 99 INOVASI TINGKAT NASIONAL 2018


 

Inovasi pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim kembali mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Pada pertengahan tahun ini Kabupaten Muara Enim kembali mendapat penghargaan di bidang inovasi pelayanan publik dari Pemerintah Pusat. Inovasi “Rumah UMKMK Gerbang Serasan” dan inovasi “siLaKan Deh”  berhasil meraih TOP 99 INOVASI SINOVIK 2018 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Inovasi “Rumah UMKMK Gerbang Serasan” merupakan upaya pengembangan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan dan peningkatan kapasitas UMKM dalam mengelola usahanya dan mempromosikan produk unggulan setempat, melalui pusat inovasi dan pelatihan bagi pelaku UMKMK, termasuk pengembangan e-commerce. Sedangkan inovasi “siLakan Deh” merupakan inovasi layanan “one stop service” dalam bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah, berupa fasilitas Laboratorium Keuangan yang memberikan pelayanan konsultasi, pendampingan, dan bimbingan teknis dalam pelaksanaan urusan keuangan dan aset Pemda.

Bupati Muara Enim, Teddy Meilwansyah, SSTP, MM, melalui Kepala Bappeda Kabupaten Muara Enim, Dr. Ir. H. Abdul Nadjib, MM menyampaikan apresiasi kepada ASN dan Perangkat Daerah Pemkab Muara Enim yang telah berhasil masuk dalam TOP 99 INOVASI 2018 tingkat Nasional. Hal ini hendaknya menjadi pemicu dan pemacu dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim.

Selain penghargaan TOP 99 tersebut, berkaitan dengan inovasi pemerintahan dan pembangunan, Kabupaten Muara Enim juga mendapat kesempatan sebagai pembicara dalam Pasar Ide dan Inovasi (Ideas and Innovation Marketplace) Indonesia Development Forum (IDF) 2018. Dalam forum ini Kepala Bappeda Kabupaten Muara Enim, Dr. Ir. H. Abdul Nadjib, MM, diundang sebagai salah satu pembicara dari kalangan Pemerintah Daerah, untuk berbagi pengalaman dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah dalam inovasi RKPD Non-APBD yang akan berlangsung di Hotel Ritz-Carlton Kuningan Jakarta. Acara IDF 2018 ini akan berlangsung pada tanggal 9-11 Juli yang akan datang dan dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

Selain itu, Kabupaten Muara Enim menjadi nominasi dalam penilaian penghargaan Indonesia Attractiveness Index (IAI) 2018. Untuk itu, Bupati Muara Enim, Teddy Meilwansyah, SSTP, MM juga diundang untuk melakukan presentasi tentang keberhasilan kinerja pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim, di hadapan Dewan Juri IAI 2018 untuk penilaian IAI 2018 kategori “Kabupaten Terbaik Pelayanan Publik”, pada tanggal 18 Juli yang akan datang di Jakarta.

Inovasi pelayanan publik merupakan keniscayaan bagi Pemerintah Daerah. Melalui inovasi pelayanan publik, Pemkab Muara Enim terus berupaya untuk meningkatkan kinerja aparatur pemerintah dan pelayanan publik dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. []


 

  • 25-07-2018 11:45 am

  • Oleh Admin

  • Dibaca 238 Kali


Komentari

Nama
Email
Komentar